Breaking News

Kamis, 27 Oktober 2016

RPP BIOLOGI KELAS XII SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      :   SMA NEGERI 1 PANGKAJENE
Mata Pelajaran        :  Biologi
Kelas/Semester       :  XII/ Ganjil
Alokasi Waktu         :  10  x 45 menit ( 5  x Pertemuan)
 


A.     Kompetensi Inti :

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2    Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bio proses.
1.3    Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1    Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2    Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan

3.1    Menganalisis hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada Mahluk Hidup berdasarkan hasil percobaan.
4.1    Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang memengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan menggunakan tatacara penulisan ilmiah yang benar.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1         Rajin beribadah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan karena telah menciptakan keteraturan dan kompleksitas proses kehidupan baik pada tumbuhan hewan, maupun manusia.
1.2.1      Menyadari pentingnya berfikir ilmiah saat melakukan pengamatan pertumbuhan baik pada tumbuhan, hewan, maupun manusia.
1.2.2      Menggunakan pola pikir ilmiah dalam merencanakan, melakukan, serta mengomunikasikan hasil pengamatan dan percobaan yang telah dilakukan.
1.3.1      Menjaga keseimbangan lingkungan untuk mendukung kelangsungan hidup tumbuhan, hewan, dan manusia.
2.1.1      Menghargai pendapat orang lain sebagai wujud toleransi
2.1.2      Mengemukakan pendapat disertai argumen ilmiah.
2.1.3      Melakukan pengamatan dan percobaan dengan cermat dan teliti.
2.1.4      Mementingkan kerjasama kelompok dalam melakukan diskusi dan pengamatan.
2.1.5      Mengomunikasikan hasil percobaan sesuai dengan fakta.
2.2.1      Melakukan kegiatan tentang pertumbuhan dan perkembangan dengan memperhatikan prinsip keselamatan kerja di laboratorium.
2.2.2      Merawat dengan baik tanaman yang digunakan dalam percobaan.
3.1.1         Mendeskripsikan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
3.1.2         Mendeskripsikan konsep pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
          3.1.3.    Membedakan perkecambahan epigeal dan hypogeal.
 3.1.4.   Menjelaskan pertumbuhan  primer dan sekunder
3.1.5.     Mengidentifikasi  faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
3.1.6.     Mengidentifikasi fase-fase pertumbuhan dan perkembangan manusia.
3.1.7.     Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dan manusia.
4.1.1      Membuat rancangan  percobaan tentang  pengaruh faktor luar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
4.1.2      Melakukan  percobaan tentang  pengaruh faktor luar terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
4.1.3      Menganalisis data hasil percobaan sesuai kaidah keilmuan
4.1.4      Menyajikan laporan hasil percobaan.

D.     Materi Ajar
Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Pertumbuhan :
proses  penambahan  ukuran (volume, massa,  tinggi,  atau panjang)  yang permanen dan bersifat  tidak balik (irreversible).
Proses ini bersifat kuantitatif artinya dapat dinyatakan dengan satuan bilangan.

Perkembangan:
perubahan dalam bentuk dan kompleksitas yang terjadi  selama  pertumbuhan serta proses menuju kedewasaan  pada  makhluk  hidup. 
Proses  ini  bersifat  kualitatif  artinya tidak dapat dinyatakan dengan bilangan.

1.       Perkembangan bakal biji.
a.        Perkembangan endosperm
b.       Perkembangan embrio
2.       Perkembangan bakal buah.

Perkecambahan
Perkecambahan ditandai dengan berakhirnya masa dormansi.
Perkecambahan pada tumbuhan dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu:
1.       Perkecambahan epigeal yang ditandai dengan hipokotil terangkat keatas permukaan tanah. Contohnya kacang hijau.
biologimediacentre.comjpg
2.       Perkecambahan hipogeal yang ditandai pertumbuhan memanjang dari epikotil sehingga menyebabkan plumula keluar dan menembus pada kulit bijinya yang nantinya akan muncul di atas tanah. Contohnya kacang kapri.
Pertumbuhan
Pertumbuhan pada tumbuhan dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
1.       Pertumbuhan primer adalah pertumbuhan yang terjadi akibat aktivitas jaringan meristem primer atau disebut juga meristem apikal.
2.       Pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan hasil aktivitas jaringan meristem sekunder berupa kambium dan kambium gabus.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
1.       Faktor internal meliputi faktor genetis (gen) dan fisiologis (hormon dan vitamin).
2.       Faktor eksternal meliputi temperatur, cahanya, air, pH, oksigen, dan nutrisi.


Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan
Pertumbuhan dan perkembangan hewan dibagi menjadi 2 tahap, yaitu:
1.       Tahap embrio melaiputi fase morula, blastula, gastrula, serta deferensiasi dan organogenesis.
2.       Tahap pasca embrio adalah pertumbuhan dan perkembangan setelah masa embrio.Pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik yang melalui tahap larva ini dikenal dengan metamorfosis.Contoh hewan yang mengalami metamorfosis adalah serangga dan katak.

Regenerasi
Regenerasi adalah proses perbaikan tubuh yang luka atau rusak.

Metamorfosis
Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh yang dialami oleh hewan dari tahap larva hingga mencapai bentuk dewasa. 
1.       Metamorfosis pada serangga









adhityanugrahanovianta.blogspot.com
2.       Metamorfosis katak
Metamorfosis katak
E.      Media , alat dan sumber belajar

1.       Media                 :    Powerpoint / carta
2.       Alat/Bahan         :    Laptop dan LCD proyektor
3.       Sumber belajar  :   Buku Biologi SMA kelas XII dan buku lain yang relevan, internet

F.      Pendekatan , model dan metode pembelajaran

1.Pendekatan               :    Saintifik
2.Model                          :    PBL ( problem based learning ), Discovery, Project based learning,
                                              Inquiry

3.Metode                       :    Diskusi , Tanya jawab , eksperimen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog